Ini Yang Sebenarnya Terjadi Pada Ruh Orang Meninggal Selama 40 Hari di Rumah

Ada beberapa orang yang memiliki kepercayaan bahwa arwah orang meninggal masih berada di rumah selama 40 hari, namun ada juga yang bertanya tentang kebenarannya. Kalian atau teman kalian mungkin pernah mengalaminya di mana ada seorang sanak keluarga yang meninggal dunia dan kemudian beberapa hari ada kejadian-kejadian aneh atau bahkan suara-suara yang dialami selama di rumah.

Muncullah spekulasi akan adanya arwah yang baru saja meninggal itu dan akan berada di rumah selama empat puluh hari dari waktu kematiannya. Banyak yang percaya dan banyak yang tidak, tapi baiknya adalah melihat bagaimana sebenarnya pandangan Islam tentang ini.

Benarkah Arwah Orang Meninggal Masih Berada di Rumah Selama 40 hari?
Arwah orang yang sudah meninggal lalu masih masih tinggal di rumah selama 40 hari merupakan kepercayaan para orang tua-tua zaman dulu, tapi akhirnya menjadi kepercayaan turun-temurun, termasuk dipercayai juga oleh orang-orang muslim.

Hal ini perlu dijabarkan kebenarannya menurut Islam sendiri supaya tidak menjadi hal yang salah kaprah tapi terus diyakini. Perlu diingat akan tiga hal pengecualian di sini bahwa orang yang telah meninggal dunia, segala urusan duniawinya sudah terputus, kecuali 3 hal berikut:

  • Doa oleh anak yang saleh.
  • Ilmu yang berguna.
  • Amal Jariyah

Sebagian umat muslim di Indonesia ada yang mengadakan tahlilan untuk memperingati orang meninggal mulai dari hari pertama, ke tujuh hingga tahlilan hari ke-40. Hal ini lantaran adanya kepercayaan bahwa orang yang meninggal masih ada di rumah selama 40 hari. Benarkah orang meninggal setelah 40 hari kembali ke rumah?

Buya Yahya, pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah mengatakan tidak ada arwah gentayangan. Apalagi anggapan tentang roh orang yang sudah meninggal masih ada di rumah hingga 40 hari.

Hal ini seperti yang dilansir dari tayangan video yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV pada 20 Oktober 2018 silam. Tak hanya itu, Buya Yahya juga menjawab pertanyaan, benarkah orang meninggal setelah 40 hari kembali ke rumah?

Orang yang meninggal dunia punya urusan dengan amalnya Tidak ada roh pulang setiap malam Jumat nangis-nangis depan rumah itu tidak ada. Tidak ada roh gentayangan, itu kan di sinetron, hanya hayalan ujar Buya Yahya.

Ia menegaskan bahwa orang yang meninggal dunia punya urusan dengan amalnya. Apabila di dunia dia baik maka akan mendapatkan kemudahan di alam kubur dan kenikmatan di akhirat.

Selain itu, pemilik nama asli Yahya Zainul Ma’arif itu juga menerangkan tentang keberadaan orang yang sudah meninggal dunia.

Rohnya orang meninggal dunia di alam barzah bukan alam dunia Di alam barzah bisa menyaksikan alam dunia semuanya dan mendengarkan omongan di dunia, tetapi melihatnya dengan hukum alam barzah, yang dilihat dosa atau pahalanya tuturnya lagi.

Lalu, benarkah orang yang meninggal dunia kembali ke rumah Buya Yahya kembali memberikan penjelasannya.

Lalu apakah mungkin orang meninggal dunia lalu ke dunia lagi Itu terjadi bab karomah. Seperti tabib al banani ada orang dikisahkan meninggal dunia tapi ingin sholat lagi di dunia.

Setelah meninggal dunia diberi karomah oleh Allah SWT untuk sholat, tawaf, sholat malam, nolong orang. Itu terjadi karomah para auliya bukan setiap orang keliling masuk rumahnya lagi nangis-nangis, itu tidak ada  ungkap Buya Yahya

Ulama tersebut menegaskan inti dari hal ini adalah keyakinan yang benar bahwa orang meninggal hanya memiliki urusan dengan amalnya Sementara itu, dalam tayangan video YouTube yang lain, Buya Yahya kembali menjelaskan benarkah orang meninggal setelah 40 hari kembali ke rumah Orang yang meninggal dunia punya tanggung jawab di alam barzah ditanya oleh malaikat Munkar dan Nakir

Kalau dia baik alam barzahnya seperti di taman surga. Kalau dia ahli maksiat dia akan mendapatkan siksa. Jadi nggak ada pulang satu, dua, sampai empat puluh hari nggak ada terang Buya Yahya  Buya Yahya turut menerangkan hal yang akan dilakukan orang yang sudah meninggal di alam barzah.

Orang meninggal nggak akan pulang ke rumahnya Akan tetapi, orang meninggal dunia punya tanggung jawab Urusannya dengan amalnya, jika baik mendapatkan kenikmatan kalau dia banyak maksiat dihukum  imbuhnya Pasalnya, tidak ada orang yang dapat kembali ke kehidupan masa lalu seperti halnya istilah reinkarnasi.

Secara umum, rumusnya adalah setelah orang pindah dari alam rahim ke alam dunia nggak akan masuk lagi ke rahim. Dari alam dunia ke alam barzah sudah selesai kasusnya Banyak urusan di alam barzah, di alam penantian sampai nanti dibangkitkan terang Buya.

Kendati begitu, memang ada kisah orang kembali hidup tetapi bukan orang biasa melainkan orang-orang terpilih dan yang dicintai Allah SWT.Kalau ada yang kembali ke rumah, itu bab karomah terjadi pada para wali-wali tidak bisa diterapkan untuk orang kebanyakan karena itu karomah. Jangan terperdaya oleh kisah sinetron, pungkasnya.

Seperti itulah jawaban Buya Yahya terkait pertanyaan benarkah orang meninggal setelah 40 hari kembali ke rumah. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita semua.

About admin

Check Also

15 Tahun Lama Nggak Muncul di TV..! Begini Nasib dan Kabar Terbaru para Pemeran Film Ronaldowati

Sinetron Ronaldowati sempat menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak sampai remaja pada 2008 silam. Sinetron …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!