Dalam Kenangan 4 Artis Legendaris Indonesia Berakhir Tragis, Ada yang Meninggal Sendirian di Bangsal Rumah Sakit

Kisah hidup para artis yang top di era 1950-an ini bisa dibilang menyedihkan. Pasalnya mereka berjaya di kala Indonesia masih belum merdeka dan berada di bawah pemerintahan penjajah.

Alhasil kejayaan yang mereka rasakan kebanyakan berakhir tragis. Keturunan Bangsawan Jatuh Miskin di Masa Tua Berdasarkan penesuluran iNews.id

Tidak ada yang tahu bagaimana akhir hidup seseorang Bahkan seorang artis yang dahulu dikenal paling top dan tenar di zamannya ternyata menjalani hari-hari terakhir hidupnya dengan tragis.

sedikitnya ada empat artis cantik dan populer di era 1950-an hingga 1970-an yang menjalani hari-hari terakhir dalam hidup mereka dengan tragis. Penasaran siapa saja mereka? Berikut rangkumannya dilansir dari berbagai sumber

1. Dhalia

Nama Dhalia semakin melejit di era 1950-an. Dapat dikatakan, era 1950-an itu merupakan puncak kejayaannya sebagai aktris. Dia meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik di ajang penghargaan bergengsi Festival Film Indonesia FFI yang digelar pertama kalinya pada 1955.

Tetapi sayangnya karier bersinar di masa muda dan gelar bangsawan yang dimilikinya, tidak menjadi jaminan Dhalia hidup enak di masa tua. Melansir dari kanal YouTube Mesin Waktu  di masa tuanya Dhalia justru hidup mengontrak rumah bersama anak perempuannya yang sudah menjanda dan cucunya di kawasan Pegangsaan, Jakarta Pusat.

Bahkan, kepada wartawan majalah Pertiwi Dhalia sempat mengaku pusing mencari uang untuk membayar kontrakan rumah sebesar Rp450.000 per tahun.

Tak hanya itu, di usia senjanya, Dhalia tetap menerima tawaran bermain film meski dia harus berangkat ke lokasi syuting menggunakan bus kota atau bajaj. Dhalia lalu meninggal dunia di Jakarta pada 14 April 1991. Dia mengembuskan napas terakhirnya di usia 64 tahun.

2. Roekiah

Roekiah adalah artis yang lahir dan besar di era penjajahan Belanda. Apabila Anda pernah mendengar nama Kartolo, Roekiah adalah istri dari seniman besar tersebut. Semasa hidupnya, Roekiah adalah seorang ikon mode dan kecantikan.

Penampilannya dalam sejumlah iklan dan lukisan kerap dibandingkan dengan artis legendaris dunia antara lain Janet Gaynor.

Roekiah berhasil meraih segalanya, mylai jadi penyanyi keroncong, pemain film hingga dikenal sebagai selebritis cantik.

Namun sayang, hidupnya berakhir tragis. Pada masa penjajahan Jepang, Roekiah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghibur tentara Jepang.

Dia seakan dipaksa bekerja rodi dengan menjalani tur ke sejumlah kota walaupun sedang sakit, bahkan sampai mengalami keguguran. Akhirnya Roekiah tutup usia pada tanggal 2 September 1945 tak lama setelah Indonesia merdeka. Deretan artis legendaris yang pernah berjaya di dunia hiburan.

Peraih Piala FFI Pertama Pemeran Utama Wanita Terbaik Dhalia menjadi artis legendaris di industri perfilman Indonesia. Dia merupakan aktris yang tenar di era 1950-an sekaligus peraih piala FFI pertama

sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik pada 1955. Populer sebagai seorang aktris, latar belakang Dhalia rupanya tidak sembarangan. Aktris asal Medan ini merupakan keturunan keluarga bangsawan di Deli Sumatra Utara.

3. Titien Sumarni

Titien Sumarni adalah sosok artis legendaris yang mendunia di tahun 1950-an. Perempuan yang tercatat lahir di Surabaya, 28 Desember 1930 ini mulai dikenal publik saat bermain film dengan judul Putri Solo pada tahun 1953.

Film itulah yang membuat nama Titien meledak hingga dikenal oleh Presiden Soekarno.

Di masa kejayaannya Titien juga kerap dijuluki Marilyn Monroe Indonesia. Namun ketenaran tidak bertahan lama dalam hidup Titien.

Dia depresi. Pilunya lagi, setelah kabar itu mencuat Titien dikabarkan meninggal dunia dalam keadaan yang tragis pada Mei 1966.

Dia diketahui sempat tergeletak di sebuah bangsal rumah perawatan sebagai pasien dari seorang paranormal bernama Mamih Aceng. Konon dia menderita sakit paru-paru dan sempat dirawat di rumah sakit sebelum meninggal dunia.

Titien mengembuskan napas terakhirnya di usia yang cukup muda yaitu masih sekira 30 tahunan. Dia disebut memiliki lima orang anak dari beberapa pria yang pernah menemaninya.

4. Marlia Hardi

Selepas Roekiah dan juga Dhalia ada nama Marlia Hardi yang tentu sudah tidak asing bagi para pencinta film-film lawas era 1960 hingga 1980-an. Marlia merupakan artis top era 1970-an yang melejit lewat sandiwara televisi berjudul Keluarga Marlia Hardi yang tayang di televisi sejak 1973.

Dalam tayangan tersebut, artis cantik asal Magelang tersebut berperan sebagai Ibu Mar atau Bu Mar. Digambarkan dalam serial, Bu Mar adalah sosok perempuan sekaligus ibu yang sangat bijaksana. Sayangnya, imej bijaksana yang melekat pada sang artis tersebut tidak menular pada kehidupan nyata nya.

Marlia meninggal secara tragis pada 18 Juni 1984. Dia ditemukan gantung diri oleh supirnya di kediamannya di kawasan Setiabudi Jakarta. Alasannya mengakhiri hidup adalah karena Marlia merasa frustasi usai dihantui sejumlah surat-surat kaleng berisi ancaman untuk melaporkannya ke polisi.

Hal itu diketahui berdasarkan surat warisan yang dia tulis sebelum dirinya memutuskan gantung diri. Bahkan, dalam suratnya kepada Salah satu pentolan Persatuan Artis Film Indonesia PARFI

saat itu yakni Ratno Timoer Marlia menyebut bunuh diri adalah jalan terbaik. Marlia pun menghembuskan nafas terakhir di usia 57 tahun. Deretan artis legendaris yang pernah berjaya di dunia hiburan.

 

About admin

Check Also

BIKIN EMOSI! Postingan Terbaru Ayah Lesti Jadi Sorotan, Dihujat Hingga Disindir Netizen Begini

AYAH Lesti Kejora, Endang Mulyana, memposting foto terbaru di sosial media miliknya. Postingan ini diunggah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!