SUPER JENIUS !! Inilah 10 Masjid Karya Riduwan Kammil


Ridwan Kamil tidak hanya dikenal sebagai Gubernur Jawa Barat saja, dia juga dikenal sebagai arsitek ternama yang karyanya sudah malang melintang di berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri.

Mulai dari membangun rumah tempat hiburan hingga lokasi beribadah. sampai sekarang jadi gubernur tidak berhenti mendesain

ya kecuali masjid termasuk masjid di Palestina jadi untuk saat ini sosok Ridwan Kamil memang sedang ramai diperbincangkan setelah putranya Eril mengalami kejadian naas di kota Swiss beberapa waktu yang lalu

sehingga tak heran jikalau saat ini banyak sekali media mencoba untuk menggali segala apa yang berkaitan dengan Gubernur Jawa Barat

memang sih sosok Bapak Ridwan Kamil termasuk salah satu pria yang memiliki kecerdasan luar biasa bahkan hal ini sudah diakui oleh banyak orang dan juga para teman-teman sejawatnya

lepas saja kiranya bentuk kecerdasan yang dimiliki oleh Bapak Ridwan Kamil Katanya sih beliau bisa untuk membuat desain masjid lock Yang benar saja

Kang Emil begitu sapaannya banyak membangun masjid yang dapat dijadikan sebagai lokasi wisata religi karena keunikannya. Selain itu tentu bisa jadi tempat beribadah yang tenang dan nyaman.

Berikut ini 10 masjid karya Kang Emil dan segala keunikannya:

1. Masjid Al Mumtadz

Nama Masjid Al Mumtadz akhir-akhir ini tengah jadi sorotan publik. Masjid ini terletak di samping makam anak Kang Emil Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril.

Makam anak Kang Emil dan Atalia Praratya, Eril berada di Yayasan Islamic Center Baitul Ridwan yang terletak persis di samping masjid. Lokasinya di Kampung Gegerbeas Cimaung Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung, Jawa Barat kampung halaman Atalia.

Masjid memiliki latar alam seperti sawah, pegunungan dan sungai mengalir. Terdiri dari kubah membulat, bagai susunan senjata tradisional bambu runcing berwarna putih masjid masih dalam proses pembangunan.

2. Masjid Al Safar

Masjid Al Safar berlokasi di Rest Area KM 88 Tol Cipularang Bandung Jawa Barat.
Desainnya unik, karena mirip dengan topi adat Sunda yang sempat menuai kontroversi karena sempat dinilai memiliki simbol iluminati yang telah dibantah sendiri oleh Kang Emil.

Masjid ini memiliki luas 6.000 meter persegi dan dapat menampung 1.200 jamaah. Masjid ini bahkan diklaim jadi masjid terbesar di rest area se-Indonesia.

3. Masjid Jami’e Darussalam

Jika kebanyakan masjid memiliki kubah berbentuk bulat Masjid Jami’e Darussalam justru berbentuk segitiga. Masjid tak biasa ini ada di Tanah Abang Jakarta Pusat yang diresmikan pada Juni 2015 lalu.

Kang Emil sengaja membangun kubah berbentuk segitiga untuk mengubah pola pikir masyarakat yang selama ini selalu beranggapan bahwa bagian atas masjid harus berbentuk kubah yang bulat.

4. Masjid Al Irsyad

Ada lagi masjid karya Kang Emil yang bernama Masjid Al Irsyad yang lokasinya berada di Jalan Prahyangan, Padalarang Bandung Jawa Barat.
Bentuknya kubus dengan fasad berongga pada dinding yang membentuk lafaz kalimat syahadat.

Artistekturnya mengadopsi bangunan Masjidil Haram dan Kabah serta mengusung konsep greem mosque. Masjid ini juga sempat jadi sorotan

karena Eril cilik sempat merenung pada sebuah bola bertuliskan Allah yang berada di permukaan kolam.

5. Masjid Raya Sumatera Barat

Bangunan satu ini tidak dirancang langsung oleh Kang Emil tetapi di bawah naungan biro arsitek yang didirikan olehnya. Masjid ini bentuknya unik identik dengan model rumah adat Minang.

Bagian atap masjid terlihat seperti kain yang membentang terinspirasi kisah empat suku di Mekah yang dulu pernah berselisih untuk memindahkan Batu Hajar Aswad.

Masjid ini mampu menampung hingga 15 ribu jemaah.

6. Masjid Baiturrahman Merapi

Apabila jalan-jalan ke Dusun Kopeng Merapi Sleman Yogyakarta kamu akan menemukan sebuah masjid unik karya Kang Emil. Nama masjid itu adalah Masjid Baiturrahman yang mengusung konsep tradisional dan modern.

Masjid ini dibangun dengan bahan dengan material abu vulkanik dari Gunung Merapi. Sedangkan untuk bangian atap masjid berbentuk atap susun khas tradisional Jawa.

7. Masjid Raya Al Azhar

Masjid ini terletak di Bekasi menghadirkan suasana unik dengan tembok bangunan yang berwarna coklat, ditambah deretan pohon palem di bagian luar masjid.

Keadaan itu membuat kita serasa sedang berada di Timur Tengah.

Bangunan masjid yang sederhana ini rupanya terinspirasi dari bentuk Ka’bah di Mekkah. Selain beribadah masjid ini cocok dijadikan lokasi wisata religi bila sedang berada di Bekasi.

8. Masjid 99 Kubah

Beranjak dari Bekasi kita menuju ke Kota Makassar dan akan menjumpai karya Kang Emil lainnya, yakni Masjid 99 Kubah.

Masjid ini didominasi warna oranye yang memiliki 99 kubah dan terinspirasi dari 99 Asmaul Husna atau sifat-sifat Allah.

Masjid terletak di tepi pantai dan jadi icon baru Kota Makassar. Tentu selain beribadah kamu juga bisa berwisata religi dan mengeksplore wisata Makassar lainnya.

9. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid ini berada di kawasan Gading Serpong. Masjid mengusung konsep green mosque yang ramah lingkungan.

Bagian atap bangunan didesain sedemikian rupa sehingga cahaya matahari dapat leluasa masuk ke dalam masjid. Pada tembok dihiasi kaligrafi Asmaul Husna yang sangat indah.

10. Masjid Syeikh Ajilin

Kang Emil juga turut mendesain Masjid Syeikh Ajilin yang berdiri gagah di Palestina yang mengusung konsep kontemporer
Kang Emil sendiri diminta rakyat Gaza untuk membagun kembali tempat ibadah mereka yang hancur karena peperangan.

 

About admin

Check Also

15 Tahun Lama Nggak Muncul di TV..! Begini Nasib dan Kabar Terbaru para Pemeran Film Ronaldowati

Sinetron Ronaldowati sempat menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak sampai remaja pada 2008 silam. Sinetron …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!