Rasulullah Perintahkan Pria Ceraikan Wanita Seperti Ini!

Perceraian merupakan hal yang sangat tidak diinginkan oleh pasangan suami istri yang membangun rumah tangga.

Dalam Islam perceraian memang tidak dilarang akan tetapi Allah sangat membenci sebuah perceraian dari pasangan suami istri yang telah memutuskan untuk menikah.

Hal ini berarti dalam Islam perceraian adalah pilihan terakhir bagi pasangan suami istri ketika memang sudah tidak ada lagi jalan keluar lainnya.

Keputusan melakukan perceraian tidak hanya menyakitkan bagi kedua pihak namun juga keluarga besar dan bisa memutuskan hubungan silaturahmi.

Namun ada saatnya Rasulullah SAW justru menyuruh para suami untuk ceraikan istrinya seperti dikutip Ringtimesbali.com dari video yang diunggah kanal YouTube Jamaah Nurul Qolbi pada 13 Mei 2021.

Tentu hal ini diperintahkan Rasulullah didasari atas sikap dan perilaku seorang istri yang melanggar syariat dan menyalahi norma agama.

Wanita yang diperintahkan untuk diceraikan oleh Rasulullah adalah wanita yang tidak menolak tangan orang lain menyentuhnya.

Dalam sebuah hadist disebutkan wanita yang tidak menolak tangan orang lain menyentuhnya selain suaminya merupakan suatu aib dan cacat moral yang besar.

Selain itu wanita dengan ciri tersebut berarti wanita yang tidak menjaga diri dari pergaulan dengan lawan jenisnya.

Itulah mengapa Rasulullah memerintahkan suami untuk menceraikan wanita dengan ciri tersebut.

Namun tentu saja suami tidak bisa diceraikan tanpa nasihat dan perjanjian dari pihak wanita terlebih dahulu, apabila sudah dinasehati namun tetap menyalahi syariat agama barulah boleh diceraikan.

Akan tetapi jika wanita yang melakukan kesalahan karena ketidak tahuannya kemudian dinasehati dan tidak mengulangi perbuatannya tentunya suami harus menyadari dan memaafkannya.

Meskipun saat ini bersentuhan dengan pria yang bukan mahramnya menjadi hal yang biasa terlebih dikalangan publik figure.

Bersentuhan kulit dengan lawan jenis yang bukan mahram merupakan suatu perbuatan zina tangan dan dosa yang sangat besar

Lalu seperti apa ciri wanita atau istri yang diperintahkan untuk diceraikan tersebut? Tidak Menolak Tangan Yang Menyentuhnya Sahabat beriman Rasulullah SAW menyuruh seorang suami untuk menceraikan istrinya yang tidak menolak tangan orang lain menyentuhnya. dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiallahu Anhu bahwa ada seorang laki-laki yang datang menghadap Rasulullah lalu berkata :

Ya Rasulullah saya memiliki wanita yang tidak menolak tangan orang yang menyentuhnya maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya Ceraikan dia HR. An-Nasa’i

Hadits tersebut mengandung makna tidak menolak tangan orang lain yang menyentuhnya merupakan suatu aib atau cacat moral yang besar.

Hal ini dapat diartikan bahwa, wanita yang mudah menerima tangan orang lain yang menyentuhnya berarti adalah wanita yang tidak menjaga diri dari pergaulannya dengan lawan jenis.

Itulah mengapa Rasulullah SAW memerintahkan suami dari wanita tersebut untuk menceraikannya Tentu hal ini tidak serta merta langsung diceraikan tanpa adanya nasihat dan perjanjian dari pihak wanita terlebih dulu.

Apabila wanita sudah tidak bisa dinasehati sampai beberapa kali karena perbuatannya yang sudah menyalahi Syariat agama, maka barulah boleh untuk diceraikan.

Akan tetapi jika seorang wanita karena ketidak tahuannya kemudian dinasehati, lalu tidak mengulangi perbuatan tersebut. Tentu suami haruslah menyadari dan memaafkan ketidak tahuan dari sikap pasangannya Dan tidak mempersulitnya. Tidak Taat Pada Suami

Seorang perempuan jika sudah menikah menjadi tanggung jawab suami. Oleh karena itu seorang istri hendaknya taat kepada perintah suami. Jika seorang istri tidak taat kepada perintah suami ia termasuk istri yang durhaka. Jika seorang istri tidak taat pada suaminya ia disebut nusyuz membangkang.

Istri yang Nusyuz adalah istri mengabaikan perintah suaminya. Nusyuz kepada suami adalah haram dan ancaman yang akan didapatkan oleh istri yang seperti itu telah disebutkan didalam Al-Qur’an.

About admin

Check Also

15 Tahun Lama Nggak Muncul di TV..! Begini Nasib dan Kabar Terbaru para Pemeran Film Ronaldowati

Sinetron Ronaldowati sempat menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak sampai remaja pada 2008 silam. Sinetron …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!