Terlahir sebagai laki-laki, 10 Artis Indonesia yang Nekat Mengubah Kelamin Pria Jadi Wanita

Ganti gender sudah merupakan hal umum yang terjadi di seluruh dunia. Meskipun begitu di Indonesia sendiri hal tersebut masih cukup tabu dibicarakan karena dianggap bertentangan dengan nilai atau norma budaya dan religi,.

Namun pergantian gender bisa dilakukan di Indonesia dan dinyatakan sah secara hukum dengan beberapa syarat. Ada beberapa artis terkenal yang sudah melakukannya baik artis senior maupun artis masa kini.

Berikut adalah daftar artis Indonesia yang memutuskan untuk ganti gender.

1. Almarhum Dorce Gamalama
Dorce adalah salah satu artis indonesia yang sukses mengepakkan sayap di dunia entertainment dengan sederet Talk Show maupun film terbaik. Artis yang awalnya bernama Dedi Yuliardi Ashadi ini memutuskan untuk operasi kelamin dan mengganti gendernya sebagai wanita.

Ia melakukannya karena sejak kecil ia merasa dirinya adalah seorang wanita yang terjebak dalam tubuh pria. Artis yang terkenal sangat dermawan ini pun sempat mendapat cibiran pedas banyak orang, namun hal itu malah membuat namanya melambung dan menelurkan berbagai karya seni yang berkualitas.

Selebritas dan seniman Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu 16 Februari 2022 pada usia 58 tahun. Kabar ini datang setelah seleb senior serba bisa itu dikabarkan sakit selama beberapa waktu terakhir.
Iya meninggal jam 7 lewat tadi pagi di RS Pertamina,kata Hetty Soendjaya selaku kerabat mengonfirmasi kabar tersebut Terpisah Dorce Gamalama meninggal dunia akibat terpapar virus corona dan dimakamkan secara laki-laki

2. Dena Rachman
Artis yang satu ini sangat dikenal baik oleh generasi 90-an karena sering tampil di layar kaca, baik sebagai pemeran maupun sebagai penyanyi lagu hit seperti ‘Oleh-Oleh’ dan ‘Rukun dan Damai’.

Dilahirkan dengan nama Renaldy Denada Rachman ia membuat kejutan ketika pada tahun 2013 menggumumkan bahwa ia sudah berganti kelamin dan mengganti namanya menjadi Dena Rachman.

3. Julia Robex
Lahir dengan nama Baby Wijaya Nasroen, artis kelahiran Malang ini pertama kali memulai debutnya di dunia film saat membintangi ‘Mati Muda di Pelukan Janda’ 2011 silam. Pada waktu itu tim promosi film memperkenalkannya kepada publik sebagai Ratu waria. Walaupun Julia terpaksa harus melayangkan protes karena tidak meminta izin pada nya dulu.

Julia memutuskan mengubah gendernya karena merasa lebih nyaman dengan dirinya yang sekarang, ia pun kini mengaku bisa mengekspresikan diri lebih bebas.

4. Dinda Syarif
Artis cantik ini sempat bikin heboh karena mewakili Indonesia di kontes kecantikan transgender sedunia ‘Miss International Queen Dinda sendiri mengakui secara terang-terangan bahwa dirinya sudah menjalani operasi ganti kelamin pada 2018 lalu lengkap dengan terapi fisik untuk membentuk tubuhnya menjadi wanita seutuhnya.

Hal inipun dilakukan Dinda Karena ia merasa jauh lebih nyaman dengan fisik dan gender wanita, ia pun mengaku bangga bisa mewakili Indonesia di ajang kecantikan transgender tersebut.

5. Solena Chaniiago
Nama Solena Chaniiago mungkin lebih dikenal di kalangan pencinta fashion dan make-up, mengingat kedua bidang itulah yang membesarkan namanya hingga kini.Solena lahir dikota Padang, ia membuat bangha indonesia karena menjadi artis transgender Asia pertama dalam sejarah yang berhasil menembus dunia perfilman hollywood.

Diketahui, Solena sudah beberapa kali bermain dalam film barat terbaik dan populer, salah satu contohnya adalah film ‘The Brooklyn Finest’ dan ‘The Extra Man’ tahun 2010. Sebelumnya ia sudah pernah menikah dengan seorang perempuan dan dikaruniai seorang anak. Dengan status barunya sebagai wanita, sekarang Solena telah menikah dengan pria bule bernama Roni di New York.

6. Lucinta Luna
Lahir dengan nama Muhammad Fattah, ia pernah mengikuti acara reality show dengan nama Cleo Fitri. Pada akhirnya ia pun menjalani operasi kelamin pada pertengahan dekade 2010-an.

Lucinta Luna kembali bikin heboh dengan penampilan terbarunya pasca operasi. Di akun media sosial pribadinya, Lucinta Luna menunjukkan wajahnya usai melakukan serangkaian operasi plastik diklaim dilakukan di Korea Selatan. Namun banyak warganet yang malah fokus dengan penampilan Lucinta Luna yang baru karena wajahnya yang bengkak. Artis yang dijuluki Ratu Salome ini mengakui saat ini ia masih dalam proses pemulihan.

Ini masih bengkak wajahku hidungku aja masih belum kering jahitannya tulis Lucinta Luna di akun Instagramnya Senin 8 Agustus 2022

Wajah bengkak usai operasi plastik adalah kondisi umum yang dialami pasien. Pembengkakan dapat terjadi di sekitar mulut, dagu, atau rahang, tergantung pada prosedur operasi yang dilakukan.

7. Oskar Lawalata
Yang paling baru dan masih hangat dibahas adalah berita mengenai Oskar Lawalata yang memutuskan operasi kelamin pada tahun 2020. Anak dari aktris senior Reggy Lawalata dan adik dari aktor Mario Lawalata ini memang sudah dikenal tampil feminin sejak kecil.

Setelah mengalami berbagai macam pergulatan batin dan pertentangan dari pihak keluarga akhirnya keputusannya untuk mengubah gender mendapat dukungan dari ibu dan keluarga besarnya.

8. Stasya Bwarlele
Stasya Bwarlele merupakan selebgram yang terkenal karena pengakuannya yang telah merubah identitasnya dari laki-laki tulen menjadi transgender. Terlahir sebagai seorang laki-laki dengan nama Stanislaus Rian Bwarlele.

Stasya mengaku telah melakukan operasi kelamin pada tahun 2019 lalu di Thailand. Dengan status barunya sebagai wanita, ia pun kini sudah mempunyai kekasih pria tulen bernama Sigit. Diketahui bahwa sigit merupakan seorang duda yang telah mempunyai seorang anak.

9. Gebby Vesta
Beberapa waktu lalu sekitar akhir tahun 2019 dunia hiburan tanah air dihebohkan dengan pengakuan seorang artis Indonesia yang ternyata seorang transgender.

Sosok artis tersebut adalah Gebby Vesta yang lebih akrab dikenal sebagai seorang DJ (Disjoki) setelah bertahun-tahun menutupi kabar tersebut akhirnya Gebby vesta pun mengakui kalau ia telah melakukan operasi pergantian kelamin pada enam tahun silam.

10. Millen Cyrus

Berbeda dengan Gebby vesta Millen Cyrus yang merupakan keponakan Ashanty masih enggan mengakui kalau ia transgender padahal tante sendiri telah menyebut bahwa Milan dulunya adalah seorang anak laki-laki.

Menurut sejumlah kabar Millen masih belum melakukan operasi pergantian kelamin, ia hanya kerap berdandan sebagai seorang

About admin

Check Also

15 Tahun Lama Nggak Muncul di TV..! Begini Nasib dan Kabar Terbaru para Pemeran Film Ronaldowati

Sinetron Ronaldowati sempat menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak sampai remaja pada 2008 silam. Sinetron …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!