Malam Pertama di Alam Kubur Ditentukan Dari Amal Perbuatan Kita Selama DiDunia

Malam pertama di alam kubur ditentukan dengan amalan manusia yang bersangkutan semasa hidupnya. Rasulullah SAW sendiri bahkan menjamin bahwa setiap manusia pasti akan mengalami sensasi malam pertamanya di alam kubur.

Malam pertama di alam kubur semuanya terasa gelap dan sunyi. Bayangan siksa kubur hingga isakan tangis anggota keluarga saat mengantar jenazah membuat situasi semakin mencekam. Menurut sabda Nabi alam kubur merupakan tempat pertama manusia setelah meninggal hingga menunggu hari kiamat tiba. Jenazah harus segera dikuburkan sebelum azan Ashar berkumandang.

Saat langkah terakhir pengantar jenazah meninggalkan makam, apakah yang akan terjadi dalam liang lahat?
Sepasang malaikat Munkar dan Nankir akan datang roh akan kembali ke jasad untuk menjawab pertanyaan mereka. Pertanyaan mengenai Tuhan agama dan nabi akan dilontarkan

Jasad yang tak bisa menjawab akan disiksa dengan perih hingga terasa hawa panas dari neraka beserta racunnya. Kemudian muncul sosok pria yang berbau busuk berbaju compang camping dan berparas sangatlah buruk.

Ialah amal perbuatan buruk dari sang jasad tersebut Amal buruknya telah berubah menjadi sosok buruk rupa dan neraka telah menunggu kehadirannya Ada rentang waktu yang ditetapkan di alam kubur, mulai dari malam pertama hingga dua puluh lima tahun setelahnya. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Malam Pertama
Jasad akan mulai membusuk, perut dan kemaluan yang pertama kali membusuk sehingga manusia diharuskan menjaga dua bagian tubuh tersebut. Jasad pun mulai berubah warna menjadi hijau yang cenderung gelap.

2. Malam Kedua
Malam ini, organ dalam tubuh seperti lambung, paru-paru, hati dan limpa mulai membusuk.

3. Malam Ketiga
Malam ketiga jasad mulai mengeluarkan bau busuk.

4. Setelah Tujuh Hari
Wajah jasad mulai membengkak hingga pipi dan kedua mata terlihat jelas.

5. Sepuluh Hari Pertama
Tubuh akan semakin membusuk.

6. Setelah Dua Minggu
Rambut jasad mulai rontok dan terurai dalam tanah.

7. Lima Belas Hari
Jasad akan dikerubuti hewan tanah seperti ulat.

8. Enam Bulan
Daging akan menyatu dengan tanah dan hanya tersisa kerangka tulang dari jasad tersebut.

9. Dua Puluh Lima Tahun
Dalam tanah kubur hanya menyisakan tulang ekor yang membuat mansuai kelak dibangkitkan di hari kiamat

Dalam buku Malam Pertama di Alam Kubur karya Aidh Al-Qarni dijelaskan, meskipun manusia memiliki usia hingga seribu tahun lamanya di dunia, namun ia tidak akan bisa lolos dari sensasi malam pertama di alam kubur. Kesenangan dan kesedihan selama hidup di dunia pun dijabarkan tidak akan sebanding dengan sensasi malam pertama di liang kubur.

Maka untuk menyambut malam pertama di alam kubur itu, umat Islam perlu menyimak tuntunan agama. Sebab Rasulullah SAW berkata: “Liang kubur bisa jadi salah satu taman surga atau salah satu lubang neraka,”.

Suatu ketika Sayyidina Utsman bin Affan mengantar jenazah ke sebuah makam, lalu kemudian Sayyidina Utsman menangis hingga pingsan. Lalu para sahabat yang lain menggotongnya ke rumah dan kemudian setelah siuman, orang-orang bertanya kepadanya mengapa beliau menangis hingga jatuh pingsan.

Sayyidina Utsman pun menjawab: “Aku mendengar Rasulullah SAW berkata: liang kubur adalah tempat akhir pertama yang kita singgahi. Jika seorang hamba selamat di dalamnya, ia akan beruntung dan bahagia. Namun jika ia gagal, naudzubillah, niscaya ia akan kehilangan semua akhiratnya,”.

Maka demikian dijelaskan jika amal seseorang di dunia baik maka hasil yang diraih akan lebih mulia di sisi Tuhannya. Namun jika amal perbuatannya buruk, maka hasil yang diraih pun akan menjadi buruk di malam pertama alam kuburnya

About admin

Check Also

TERLILIT HUTANG SAMPE JUALAN PISANG GORENG!? Artis Kelewat Sombong Saat Karir Naik

  Ketenaran & memiliki banyak uang merupakan 2 kasus rumit bagi figur publik. Dibutuhkan usia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!