MasyaAllah! 13 Amalan Yang Akan Dapat Dilakukan Untuk Menerangi Kita Di Alam Kubur Kelak.

Dunia bukan tempat terakhir untuk makhluk ciptaan Allah SWT. Tapi kehidupan di dunia berperan penting bagi manusia untuk kehidupan selanjutnya di akhirat kelak. Hanya saja tidak banyak manusia yang memanfaatkan kesempatan tersebut.

Bagi seseorang yang ingin meninggal dalam keadaan husnul khatimah baik hendaknya membiasakan diri untuk melakukan amalan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Selain itu amalan yang telah dilakukan juga dapat menjadi penerang di alam kubur.

Amalan penerang kubur yang wajib diamalkan Muslim agar ketika meninggal dunia dalam kondisi husnul khotimah dan dijauhkan dari siksa kubur. Meninggal dengan membawa banyak amal merupakan keinginan setiap orang. Alasan itulah yang nantinya dapat menjadi penerang saat dialam kubur dan mampu menjauhkan dari siksaan api.

Penyelamat Siksa Kubur hingga Dapat Syafaat Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk berlindung dari siksa kubur, bahkan Nabi SAW tidak pernah lepas berdoa setelah sholatnya memohon dijauhkan dari siksa kubur tersebut.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:
Arti & Tafsir yang Patut Direnungkan

أَبُو هُرَيْرَةَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا فَرَغَ أَحَدُكُمْ مِنْ التَّشَهُّدِ الْأَخِيرِ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Artinya: Abu Hurairah berkata; Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam bersabda: Jika salah seorang dari kalian selesai membaca tasyahud akhir hendaklah berlindung kepada Allah dari empat perkara; dari siksa neraka jahannam, siksa kubur, fitnah kehidupan dan fitnah setelah mati serta dari fitnah Al Masih Dajjal. HR. Ibnu Majah No. 909 Maktabatu Al Ma`arif Riyadh Shahih.

Dalam hadits lain disebutkan mengenai keadaan alam kubur. Dari Ibnu Umar ra yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya seseorang di antara kalian apabila mati, ditampakkan kepadanya setiap pagi dan petang kedudukannya. Jika dia termasuk ahli surga, maka surgalah yang ditampakkan kepadanya; dan jika dia ahli neraka, maka yang ditampakkan kepadanya adalah neraka.

Lalu dikatakan kepadanya, Inilah tempatmu kelak sampai Allah membangkitkan kamu untuk menempatinya di hari kiamat. Imam Bukhari dan Imam Muslim mengetengahkan hadis ini di dalam kitab sahih masing-masing melalui hadis Malik dengan sanad yang sama.

Dari penjelasan hadits Nabi SAW di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tiap Muslim dianjurkan untuk selalu berdoa memohon kepada Allah agar dijauhkan dari siksa kubur dan fitnah setelah mati. Lantas, apa saja amalan penerang kubur?

Berikut ini 13 amalan penerang kubur yang bisa dikerjaan saat di dunia:

1. Mengerjakan Shalat Wajib
Salah satu kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat Rasulullah SAW yakni mengerjakan shalat lima waktu sebagai perintah dari Allah SWT, karena dengan mengerjakannya maka akan terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Hal tersebut ternyata juga berlaku manfaatnya ketika manusia sudah meninggal maka yang akan menerangkan kuburnya adalah amalan shalat selama mereka kerjakan ketika di dunia, disebutkan dalam hadits shahih berikut:

وَالصَّلَاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ

Shalat adalah cahaya, sedekah merupakan bukti nyata, sabar itu sinar, dan Al-Qur’an adalah pembelamu atau penuntutmu HR. Muslim

2. Perbanyak Sedekah
Amalan selanjutnya yang mampu menjadi penerang kubur yakni dengan bersedekah, memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang-orang yang membutuhkan merupakan bentuk rasa sosial dan peduli kepada sesama makhluk.

Memperbanyak sedekah juga merupakan amalan yang pahalanya terus mengalir walaupun orang tersebut sudah meninggal, dalam hadits riwayat Ath-Thabrani diterangkan

Sedekah akan memadamkan api siksaan didalam kubur.

إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، وعلم ينتفع به، وولد صالح يدعو له. رواه مسلم

Artinya; jika anak cucu adam mati maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan orangtunya. HR. Muslim

3. Doa Anak Shaleh
Salah satu penyebab penerang alam kubur seorang muslim ini yakni doa dari anak yang saleh.
Rasulullah SAW bersabda:

إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، وعلم ينتفع به، وولد صالح يدعو له. رواه مسلم

Artinya; jika anak cucu adam mati maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan orangtunya.HR. Muslim

4. Membaca Al-Quran agar Mendapat Syafaat

Amalan sebagai penerang kubur salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Quran, pasalnya dengan memperbanyak bacaan quran mampu menjadi penolong di hari kiamat dan juga penerang ketika di alam kubur.

seperti sabda Rasulullah SAW berikut ini:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Bacalah Al-Quran karena sesungguhnya di hari kiamat nanti ia akan menjadi syafaat kepada orang-orang yang mengikutinyaHR. Muslim

5. Doa Selamat di Alam Kubur
Dibaca saat Tahiyat Akhir

اَللَّهُمَّ إِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Latin: Allahumma Innii a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabin naari wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihi dajjaal.

Artinya: Yaa Allah aku berlindung kepada Engkau dari adzab siksa kubur, dan dari siksa neraka dan fitnah kehidupan, fitnah setelah kematian dan fitnah dari al Masih Ad Dajjal.

6. Membaca Surat Al-Mulk
Dalam sebuah hadist, salah satu pencegah dan penyelamat seseorang dari siksa kubur ialah dengan memperbanyak membaca surat Al-Mulk semasa hidupnya. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw.
pernah bersabda:

«سُورَةٌ فِي الْقُرْآنِ خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ: تَبارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ»

Artinya: Ada suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku. Kendati demikian hadits dari Ibnu Abbas tersebut dinilai Hasan Gharib oleh Imam Tirmidzi, atau bisa disebut hadits tersebut memiliki tingkatan di antara shahih dan dhaif.

7. Membaca Surat Al-Ikhlas
Sebanyak 40 kali Beberapa amalan lainnya yakni dengan perbanyak membaca surat Al-Ikhlas menjelang sakaratul maut dan dianjurkan untuk membaca sebanyak 40 kali, hal tersebut dijelaskan oleh Busyrol Karim, Syekh Sa’id bin Muhammad Ba’asyin

“Seorang muslim yang membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 40 kali menjelang kematian maka akan terhindar dari siksa kubur, ia juga aman dari himpitan kubur dan malaikat dengan telapak tangan nya akan membawanya menyeberangi jembatan hingga ke surga.

8. Membaca Tasbih

Ada dua kalimat yang ringan diucapkan namun berat dalam timbangan amal. Kedua kalimat itu yakni tasbih Subhanallah wabihamdihi subhanallahil ‘adhiim. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيْمِ

Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu alaihi wasallam beliau bersabda: Dua kalimat ringan dilisan, berat ditimbangan, dan disukai yang Maha Pengasih Ar Rahman yaitu Subhanallah wabihamdihi dan Subhaanallahulazhiim. HR. Bukhari No. 6406 Fathul Bari Shahih.

Berikut bacaan zikir Subhanallah Wabihamdihi

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيْمِ
Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim Artinya: “Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung Dengan memperbanyak bacaan tasbih, artinya kecintaan kita kepada Tuhan semakin dekat dengan kasih sayangnya, hal tersebut yang mampu mendapatkan penerangan di alam kubur kelak.

9. Melaksanakan Haji dan Umrah

Amalan lainya yang mampu menjadi penerang manusia ketika di alam kubur yakni adalah melaksanakan ibadah haji ataupun umrah, hal tersebut telah disebutkan pada hadits yang diterangkan oleh Ibnu Katsir

Al-Qurthubi yang dikomentari oleh Ibnu Taimiyah bahwa salah satu penyebab terangnya alam kubur seseorang yakni dengan melaksanakan ibadah haji ataupun umrah, dalil tersebut sudah menguatkan keshahihannya.

10. Doa Sapu Jagat Kebaikan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Latin: Rabbanaa aatinaa fi duniaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaa bannaar Artinya: “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (QS. Al Baqarah: 201).

 

About admin

Check Also

Jika Zinah Mempersempit Rezeki, Kenapa yang Open BO Banyak Duit?

  Jika Zinah Mempersempit Rezeki, Kenapa yang Open BO Banyak Duit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!