FAKTA ATAU MITOS HUKUM MENABRAK KUCING DALAM PANDANGAN ISLAM, APAKAH AKAN TERKENA MUSIBAH??

Ada sebuah mitos tentang kucing yang berkembang sejak lama di tengah masyarakat Indonesia. Sebagian orang mengatakan, jika seseorang menabrak kucing sampai mati meski tidak sengaja maka hukumnya berdosa

Ditambah lagi, orang yang menabrak akan mendapatkan kesialan atau jika yang menabrak adalah seorang pria dan istrinya sedang hamil, maka akan berdampak buruk bagi calon anaknya Dalam pandangan Islam jika seseorang menabrak kucing di luar kesengajaannya maka dia tidak menanggung risiko apapun. Kecuali jika hewan itu milik orang lain. Maka dia wajib menanggung ganti rugi kepada pemiliknya

Ada beberapa mitos mengenai kucing khususnya bagi pengendara kendaraan.Banyak yang mengatakan bahwa jika menabrak kucing maka akan mendapatkan musibah atau bernasib sial Tak jarang beberapa pengendara kendaraan merasa ketakutan setelah tidak sengaja menabrak kucing.

Namun apakah benar nasib sial akan datang setelah menabrak kucing?

Allah berfirman
Tidak ada dosa bagi-mu untuk perbuatan yang kamu tidak sengaja, tetapi yang ada dosa apa yang disengaja oleh hatimu. QS. Al-Ahzab: 5 Sehingga tugas bagi mereka yang secara tidak sengaja menabrak kucing hingga mati adalah menguburnya agar bangkai kucing tersebut tidak mengganggu orang lain.

Dr. Soleh Al-Fauzan pernah ditanya tentang hukum menabrak kucing. Lantas jawaban beliau,
Jika hal tersebut tidak memungkinkan lalu Anda melindasnya tanpa kesengajaan ingin menghabisi nyawanya karena Anda tidak bisa menghentikan kendaraan secara mendadak, maka Anda tidak berdosa.Sebaliknya Anda berdosa jika dengan sengaja membunuhnya tanpa ada alasan yang bisa dibenarkan.

Melalui sebuah video berdurasi 2 menit 54 detik, Buya Yahya pun memberikan penjelasan mengenai mitos menbrak kucing akan mendapatkan nasib sial.Dalam video yang diunggah pada 20 Juni 2018, Buya Yahya menjelaskan bagaimana hukum menabrak kucing dalam Islam.

Inilah hukum dan penjelasan menabrak kucing apakah benar akan mendapatkan musibah atau tidak.
Pada sebuah kajian, seorang jamaah bertanya kepada Buya Yahya tentang kebenaran tidak sengaja menabrak kucing akan membawa nasib sial.

Buya Yahya pun mengatakan bahwa kucing sama halnya dengan binatang lainnya.Jika menabrak kucing dengan dzalim atau karena disengaja, bisa menyebabkan masuk neraka Buya Yahya menekankan bahwa yang haram adalah dzalim yang dilakukan terhadap kucing dan binatang lainnya.

Dalam sebuah riwayat yang dijelaskan Buya Yahya, ada seorang wanita yang disiksa karena kucing Hal tersebut karena wanita itu mengurung seekor kucing tanpa memberinya makan atau pun membiarkan kucing tersebut mencari makan sendiri Buya Yahya mengatakan jika tidak sengaja menabrak kucing tidak apa-apa dan tidak dosa dari pada membahayakan nyawa.

Memang kucing di depan tidak bisa direm, ya kucing yang ditabrak. Wong tidak sengaja ya tidak dosa kata Buya Yahya, juga menambahkan mengapa setelah menabrak kucing banyak yang menyuruh untuk menguburkannya Hal itu dimaksudkan agar bau bangkai kucing tadi tidak menyebar kemana-mana dan mengganggu warga sekitar.

Kucing dikubur, ditanam agar baunya tidak kemana-mana kata Buya Yahya lagi.
Buya Yahya pun melarang untuk meninggalkan bangkai kucing yang tidak sengaja tertabrak di tengah jalan karena dapat mengganggu orang dan bisa menyebabkan dosa.

Buya Yahya pun menegaskan bahwa tidak sengaja menabrak kucing tidak akan menimbulkan musibah kecuali dzalim terhadap kucing tersebut Demikian penjabaran Buya Yahya tentang hukum menabrak kucing dalam Islam dan apakah akan memberikan musibah atau tidak. Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

Jika Zinah Mempersempit Rezeki, Kenapa yang Open BO Banyak Duit?

  Jika Zinah Mempersempit Rezeki, Kenapa yang Open BO Banyak Duit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!