Ini Bukan Mitos! Jika Liat Bintang Jatuh Segera Berdoa, Allah Pasti Kabulkan!

Mintalah sesuatu saat melihat bintang jatuh, maka permintaanmu akan terkabul. Kita sering mendengar ungkapan ini, baik dalam film ataupun dalam kehidupan nyata manusia. Ada sebagian orang yang memercayainya, namun sebagian lagi menganggapnya mitos.

Melihat bintang jatuh kemudian berdoa dan doa itu akan dikabulkan ternyata bukanlah mitos.Dalam islam, kepercayaan tersebut dibenarkan asalkan sesuai dengan ajaran syari’at islam.Seperti diketahui, di Indonesia banyak sekali mitos-mitos di masyarakat.

Mitos itu kebanyakan dari cerita atau kebiasaan turun temurun, yang hingga kini masih banyak mempercayai.Misalnya larangan memakai baju berwarna hijau saat ke wilayah pantai selatan, karena bisa diseret ombak dan dijadikan pasukan Nyi Roro Kidul.

Dalam islam, percaya dengan mitos yang mengarah kepada perbuatan musyrik, tentu hukumnya dosa.Kemudian ada juga mitos jika seseorang melihat bintang jatuh kemudian berdoa, maka doanya akan dikabulkan.Namun ternyata, mitos ini dibenarkan islam asalkan caranya benar dan sesuai syariat islam.

Fenomena bintang jatuh disebutkan dalam Al-Qur’an, sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Dan sesungguhnya kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan kami jadikan bintang-bintang itu alat pelempar setan, dan kami sediakan bagi siksa neraka yang menyala-nyala.QS. Al-Mulk: 5

Beberapa kalangan masyarakat dunia meyakini jika harapan atau doa bisa dikabulkan saat melihat bintang jatuh. Namun, kalangan masyarakat lainnya tidak memercayai hal tersebut, karena dianggap takhayul atau hanya mitos belaka.

Itu bukan bintang jatuh melainkan meteor Dilansir dari Wonderopolis, ilmuwan mengatakan jika bintang jatuh yang barangkali sering terlihat di beberapa tempat di bumi, bukanlah bintang, melainkan sebuah meteor.

Saat potongan debu dan batu yang mengambang di angkasa disebut meteoroid masuk mendekati atmosfer bumi, mereka akan terbakar akibat gesekan benda angkasa tersebut dengan atmosfer.

Ketika meteoroid terbakar di langit disebut meteor, dan ketika menabrak bumi disebut meteorit. Selanjutnya, ilmuwan menjelaskan jika manusia sebenarnya tidak bisa melihat secara langsung meteorit. Momen ini hanya bisa disaksikan lewat teleskop.

munculkan anggapan jika bintang jatuh bisa mengabulkan permintaan. Berawal dari era Yunani Kuno Dikutip dari situs Library of Congress, para sejarawan meyakini jika legenda bintang jatuh bisa mengabulkan permohonan, bermula dari zaman Yunani Kuno, tepatnya ketika seorang astronom bernama Ptolemy menuliskan hal tersebut.

Sekitar abad kedua, Ptolemy menjelaskan jika dewa yang sedang memandang rendah ke arah bumi dari tempatnya berada, sedang membuka semacam portal antara langit dan bumi.

Saat portal terbuka, bintang-bintang di langit bisa menyelinap dan akhirnya terlihat seperti bintang jatuh. Setelah menulis pendapatnya, banyak orang tidak setuju dengan apa yang diungkapkan Ptolemy.

Bahkan hingga saat ini, sains dan ilmu pengetahuan lainnya tidak dapat membuktikan kebenaran soal bintang jatuh yang mampu mengabulkan permintaan.

Pada intinya kepercayaan mengenai legenda bintang jatuh dapat mengabulkan permintaan, tergantung pada diri sendiri dan kebudayaan masyarakat di berbagai negara.

Tidak ada penjelasan ilmiah yang mampu membuktikan kebenaran soal legenda ini. Namun, ada baiknya jika menginginkan suatu hal, kita dapat mengungkapkannya lewat doa sambil terus berusaha mewujudkan keinginan kita.

 

About admin

Check Also

15 Tahun Lama Nggak Muncul di TV..! Begini Nasib dan Kabar Terbaru para Pemeran Film Ronaldowati

Sinetron Ronaldowati sempat menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak sampai remaja pada 2008 silam. Sinetron …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!